Bagaimana Memulai Bisnis Sablon Kaos

Bisnis sablon kaos merupakan industri bernilai jutaan rupiah, dan relatif dapat dengan mudah dimulai usaha skala kecil menengah. Ada banyak cara untuk mencetak kaos , sehingga calon pemilik usaha harus terlebih dahulu menyelidiki pasar sebelum berinvestasi dalam bisnis sablon. Sablon digital memiliki waktu belajar yang lebih sedikit dibanding sablon manual, dengan metode print ink-jet yang merupakan pilihan terbaik untuk pesanan kaos dengan jumlah yang sedikit. Pengoperasian sablon kaos digital ini pun tidak memerlukan banyak ruang dan dapat dijalankan dari rumah bahkan di kamar Anda sendiri.

Langkah 1
Selidiki pasar lokal Anda untuk memutuskan metode sablon kaos mana yang tepat bagi Anda. Jika Anda tinggal di daerah wisata , mesin sablon digital akan memungkinkan Anda untuk mencetak pesanan yang sedikit dengan desain yang berbeda dengan cepat dan mudah. Jika daerah Anda memiliki banyak tim olahraga, sekolah ataupun bisnis, pertimbangkan sablon manual, yang akan memungkinkan Anda untuk membuat pesanan sablon dengan kuantitas yang lebih banyak.

Langkah 2
Daftarkan nama bisnis Anda untuk mendapatkan izin usaha jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis Anda sebagai perusahaan atau perseroan terbatas, Anda juga akan perlu untuk mengajukan bentuk yang tepat dengan regulasi kantor bisnis wilayah Anda, walaupun di Indonesia sendiri tidak ada izin khusus atau lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sablon kaos. Ini merupakan langkah penting untuk mendapatkan image atau citra yang baik dari pelanggan atau pembeli anda.

Langkah 3
Mendapatkan Sertifikat Pajak dan Sertifikat Penjualan Ritel dari departemen negara kantor peraturan perpajakan atau bisnis. Langkah ini hampir sama dengan langkah kedua, namun lebih berdampak kepada trust atau kepercayaan dari pelanggan atau pembeli anda.

Langkah 4
Hubungi perusahaan penjualan mesin lokal dan perusahaan pemasok bahan material percetakan, untuk konsultasi bisnis sablon kaos . Mereka memiliki pengetahuan dalam bisnis percetakan dan dapat membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar, memberikan saran-saran , dan bahkan dapat memberikan pelatihan sebagai salah satu bagian dari pelayanan mereka.

Langkah 5
Membeli peralatan dan mengaturnya sesuai dengan petunjuk. Anda dapat menggunakan komputer di rumah Anda, dengan program desain grafis profesional dan printer.

Langkah 6
Praktekan atau latihan menyablon kaos sebelum Anda mengambil pesanan atau orderan dari pelanggan Anda. Ada beberapa metode pembelajaran untuk menyablon kaos. Manfaatkan program pelatihan dari pemasok , dan pertimbangkan menghadiri kursus sablon yang ditawarkan oleh produsen dan asosiasi perdagangan.

Langkah 7
Pasarkan dan iklankan bisnis Anda ke lokal organisasi, bisnis ,tempat ibadah dan sekolah dengan membagi-bagikan kartu nama dan brosur. Anda juga dapat menggunakan sarana internet untuk memperluas cakupan bisnis Anda

Langkah 8
Catat dan kalkulasikan pesanan Anda. Ini berguna untuk metode bayar dimuka

Langkah 9
Perlihatkan kepada pelanggan Anda contoh desain yang dicetak dari printer komputer Anda dalam ukuran dan warna yang tepat yang akan Anda gunakan untuk menyablon kaos. Perhatikan dengan seksama terhadap ejaan-ejaan atau gambar yang masih salah.

Langkah 10
Setelah selesai mencetak, mintalah tanggapan dari pelanggan Anda (feedback) yang berguna nantinya untuk perkembangan bisnis Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda dan menjadi umpan agar pelanggan Anda kembali lagi.

Tips
Berkonsentrasilah pada satu atau dua pasar sekaligus. Bisnis sablon kaos sangat beragam. Terimalah pesanan hanya kalau Anda yakin dapat menyelesaikan tepat waktu dengan keterbatasan peralatan dan pengalaman Anda.
Menjalin kerjasama dengan perusahaan percetakan kaos lain yang menggunakan metode sablon dan peralatan yang berbeda atau lebih besar dapat meningkatkan produk dan penawaran layanan Anda.
Belilah peralatan-peralatan terbaik dengan terus mengikuti perkembangan teknologi untuk bisnis sablon kaos Anda

Peringatan
Meskipun beberapa orang mengklaim di internet bahwa bisnis ini menjanjikan keuntungan besar, bisnis ini tetap membutuhkan orientasi dari waktu ke waktu dengan membangun basis kemitraan yang baik. Memang ada uang yang akan dihasilkan dengan jumlah banyak melalui bisnis ini, tapi bersabarlah dalam membangun bisnis Anda, dan memahami bahwa Anda perlu untuk terus menginvestasikan kembali sebagian dari pendapatan Anda untuk persediaan dan peralatan sebagai pertumbuhan bisnis Anda.
Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis sablon kaos, Anda akan menggunakan tinta dan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi manusia, hewan atau lingkungan. Konsultasikan dengan pemasok Anda untuk pengaturan tata letak toko, ventilasi dan pembuangan yang aman dari output proses sablon.

Mercury Digital Printing

About Arthur Immanuel

Kontak langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan email ke : shakelike-sheleadgoyoung@windowslive.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *